Cara Memulai Bisnis Online Rumahan yang Sukses

Bisnis Online Rumahan

Bisnis Online Rumahan : Era yang serba teknologi ini menawarkan berbagai kemudahan untuk banyak sektor, termasuk bisnis. Dengan konektivitas yang sangat mudah, bisnis dapat dilakukan dengan praktis dari rumah bahkan menjangkau pelanggan yang lebih luas. Namun, apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin bisnis online rumahan sendiri makin berkembang hingga sukses?

Cara Memulai Bisnis Online dengan Efektif

Mengingat setting-nya berbeda dengan bisnis biasa, tentunya ada perbedaan signifikan yang perlu Anda pahami. Namun, sama seperti bisnis biasa, banyak hal yang perlu dipersiapkan jika Anda ingin memulai bisnis online. Berikut cara efektif yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan bisnis online Anda.

1. Tentukan masalah yang ingin diatasi

Berjualan barang ataupun jasa sama-sama harus berfokus pada apa yang dibutuhkan konsumen. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, Anda perlu mengetahui apa permasalahan yang sedang dihadapi oleh target konsumen.

Setelah mengetahui fokus masalahnya, barulah Anda bisa menentukan produk atau jasa apa yang bisa Anda tawarkan untuk mengatasi masalah tersebut.  Dengan begitu, Anda tahu dengan benar bahwa produk Anda layak untuk dijual.

Produk yang dapat mengatasi masalah dari target konsumen akan menarik minat lebih banyak pelanggan. Jika produk yang Anda jual sudah terbukti solutif, maka konsumen tidak akan ragu lagi untuk repeat order atau bahkan melakukan promosi pasif. Tentunya hal ini akan sangat bermakna untuk bisnis online rumahan, kan?

2. Ketahui kondisi pasar dan permintaan konsumen

Tidak hanya fokus pada produk yang solutif, langkah kedua ini juga sangat penting sebelum memulai bisnis online Anda. Sebab ada banyak macam produk solutif yang bisa Anda jual. Namun, penting untuk menentukan jenis produk apa yang potensinya lebih besar untuk laku di pasaran.

Misal, Anda punya ide untuk menjual masker karena mendengar kabar dari teman kalau semenjak pandemi hasil keuntungan yang Ia dapat cukup melonjak. Namun, kalau melihat kondisi pasar saat ini, apakah hal tersebut masih relevan?

Oleh sebab itu, Anda harus memahami kondisi pasar dengan baik. Untuk mengetahui kondisi pasar sekaligus permintaan konsumen, Anda bisa melakukan berbagai macam approach, seperti wawancara ataupun survei secara langsung. Jangan ragu untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan.

3. Pelajari performa pesaing di sekitar

Dalam dunia bisnis, persaingan antara pedagang adalah hal yang wajar, termasuk dunia bisnis online rumahan. Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan dalam bisnis digital, semakin banyak pula orang yang mencoba terjun di dunia ini.

Oleh sebab itu, wajib untuk mengetahui performa pesaing bisnis di kategori ataupun lokasi yang sama. Memang, berbisnis online tidak mengharuskan Anda untuk bertemu langsung dengan pedagang lain. Namun, hal ini justru akan membuat Anda semakin sulit mengetahui sejauh mana performa pedagang kompetitor tersebut.

Untuk mengetahui performa pesaing di dunia digital, Anda bisa mengamati media sosialnya. Supaya lebih spesifik lagi, ketahui pesaing utama Anda. pesaing utama Anda pada umumnya adalah pedagang produk dari satu kota yang sama. Sebab, konsumen cenderung mencari pedagang di kota yang sama untuk mengurangi biaya ongkos kirim.

4. Ciptakan model bisnis online

Banyak yang perlu Anda pikirkan dalam menyempurnakan langkah ini. Pasalnya, selain kondisi pasar, perencanaan operasional juga akan berpengaruh terhadap laku atau tidaknya barang Anda. Apa saja perencanaan operasional dalam bisnis online ?

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa perencanaan operasional untuk bisnis online tidak sebanyak bisnis biasa. Pada dasarnya sama, tapi ada sedikit perbedaan di beberapa unsur. Beberapa perencanaan operasional yang penting untuk bisnis online, di antaranya penetapan harga, platform jualan, strategi promosi, dan lain-lain.

Alasan kenapa unsur tersebut penting akan dijelaskan dengan contoh sederhana, ya. Misal, Anda ingin menjual produk fashion, cari tahu platform digital mana yang populer dengan produk fashionnya. Pasalnya, setiap platform mempunyai spesialisasinya masing-masing.

5. Buat customer persona yang mendetail

Setelah mendapatkan dari kondisi pasar dan berinteraksi langsung, Anda pastinya sudah mempunyai data lengkap yang cukup untuk membuat customer persona. Apa itu customer persona dan manfaatnya untuk bisnis online rumahan?

Customer persona adalah hasil riset yang diolah menjadi representasi fiksi dari pola atau kebiasaan pembeli dan kaitannya dengan bisnis Anda. Melalui customer persona, Anda bisa mengetahui beberapa informasi penting, seperti hal yang disukai konsumen, akun sosial media yang paling sering digunakan, e-commerce yang paling disukai, dan lain-lain.

Dengan mengetahui customer persona, maka Anda dapat menciptakan kepuasan pelanggan dengan mudah di kemudian hari. Selain itu, teknik ini juga bisa membuat Anda bisa tahu jenis konsumen seperti apa yang nantinya akan dijadikan sebagai target pasar utama.

6. Kembangkan produk

Dengan data awal hingga customer persona yang sudah Anda susun, maka saatnya untuk mulai memikirkan perencanaan produk, yuk! Produk yang menarik adalah produk yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar.

Namun, bayangkan produk dengan kriteria serupa sudah banyak beredar di pasaran. Tentunya persaingan akan semakin kompetitif, kan? Oleh sebab itu, Anda harus mampu berinovasi membuat produk Anda lebih unik dan lengkap dari produk serupa.

Supaya hasilnya lebih efektif, maka Anda bisa melakukan uji coba produk pada beberapa orang. Kemudian, sediakan juga formulir surveinya sehingga Anda tahu apa kelebihan dan kekurangan dari produk yang Anda buat.

Hidden tips yang juga bisa Anda terapkan untuk bisnis online Anda adalah dengan keep up with the global trend. Pasalnya, pasar global cenderung lebih cepat berubah dari pasar lokal. Jika Anda mengetahui trend pasar global terbaru, maka bisa diterapkan pada bisnis Anda. Jadi, Anda bisa selangkah lebih maju dari tempat lain.

7. Buat website resmi untuk tingkatkan exposure

Banyak orang yang berpikir bahwa website hanya berlaku untuk bisnis-bisnis besar. Padahal, pembuatan website untuk bisnis online rumahan juga sama pentingnya, kok. Penyediaan website untuk bisnis online dapat berguna untuk menyediakan informasi lengkap terkait produk dan bisnis Anda.

Tak hanya itu, website memungkinkan untuk meraup pasar global. Pasalnya, masih banyak negara yang mengandalkan website daripada marketplace untuk melakukan kegiatan jual beli. Selain itu, biasanya fitur marketplace cukup terbatas, hanya bisa melakukan jual beli domestik.

Ada faktor penting lain dari segi exposure. Bisnis online rumahan yang lengkap dengan website menunjukkan profesionalitas bisnis. Dengan demikian, semakin banyak pelanggan yang tertarik dan percaya untuk repeat order di toko Anda.

8. Pertimbangkan social media marketing

Media sosial bukan hanya sarana hiburan ataupun komunikasi. Media sosial juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk promosi produk loh. Bahkan, bisa dibilang saat ini juga menjadi salah satu cara terbaik dalam digital marketing.

Pasalnya, hampir semua orang aktif di media sosial. Jadi, mencantumkan produk di berbagai jenis media sosial, seperti Instagram ataupun Tiktok akan sangat menguntungkan. Baik dari segi promosi, peningkatan brand awareness, dan banyak lagi.

Dengan mengembangkan bisnis online melalui media sosial, maka potensi Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas akan semakin besar. Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi secara real-time dengan pelanggan. Melalui media sosial pun, Anda bisa membagikan video ataupun gambar menarik dari produk jualan.

9. Terapkan strategi marketing yang efektif  

Ada banyak strategi marketing yang bisa Anda terapkan untuk sebuah bisnis online. Namun, untuk langkah awal Anda bisa fokus dulu pada digital marketing. Tak hanya terbatas melalui media sosial saja, ada banyak platform lain yang bisa Anda gunakan sekaligus untuk melakukan promo produk.

Ada beberapa pilihan sarana promosi lain, seperti konten blog, iklan website, optimasi website melalui Search Engine Marketing, influencer marketing, dan banyak lagi. Namun, strategi yang paling berdampak belakangan ini adalah melalui influencer marketing.

Apa itu influencer marketing? Strategi ini melibatkan bantuan public figure ataupun social media influencer dalam mempromosikan produk Anda. Sebab, mereka adalah tokoh yang bisa mempengaruhi banyak orang.

Jika salah satu influencer percaya dengan produk Anda, maka orang-orang juga akan tertarik dan percaya dengan kualitas produk Anda. Di saat yang sama, Anda juga harus mempertahankan kualitas produk supaya calon pelanggan tersebut bisa terus loyal dengan toko Anda.

10. Jangan lupakan evaluasi berkala

Jika bisnis Anda dari awal sudah sukses, jangan langsung berpuas diri. Sebab tidak ada yang bisa menjamin bisnis Anda akan terus aman dan stabil tanpa adanya upaya lebih. Upaya-upaya seperti apa yang dimaksud?

Upaya yang dimaksud adalah upaya dalam mempertahankan sekaligus mengembangkan kualitas produk. Pasalnya, tren terus berubah dari masa ke masa, jadi Anda harus bisa keep-up dengan perubahan tersebut. Selain itu, tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk bisnis Anda. Jadi, jika ada masukan dari konsumen, jangan langsung membantah.

Dua faktor tersebut justru bisa Anda jadikan evaluasi untuk memperbaiki kualitas produk. Supaya lebih maksimal, tetap lakukan tindakan evaluasi ini secara berkala, ya. Dengan begitu, bisnis online rumahan Anda bisa terus berkembang tanpa ada hal yang tertinggal.

Beda Bisnis Online dan Konvensional

Secara harfiah, bisnis online dan konvensional dibedakan dari setting jual belinya. Namun, tahukah Anda apa saja faktor lain yang membedakan kedua jenis bisnis ini? Simak informasi selengkapnya melalui tiga poin berikut ini, yuk!

1. Platform yang digunakan

Untuk toko konvensional, Anda membutuhkan lebih banyak modal sebab platform jual belinya harus tersedia dalam bentuk fisik, seperti butik, restoran, dan lain-lain. Namun, dengan bisnis online rumahan Anda hanya perlu perangkat digital untuk mengakses e-commerce, marketplace, dan media social. Murah dan praktis, kan?

2. Syarat sumber daya manusia

Saat membuka bisnis konvensional, biasanya Anda akan membutuhkan bantuan yang cukup banyak. Seperti halnya dalam penjagaan toko, pelayanan, distribusi, sampai kasir. Namun, dalam memulai bisnis online rumahan yang skalanya lebih kecil dan praktis, maka konsumen bisa lebih mandiri dalam transaksi dan pemilihan barang. Anda bisa menjalankan bisnis dengan bantuan 1-2 karyawan atau bahkan memulainya secara mandiri terlebih dahulu juga bisa kok.

3. Jangkauan bisnis

Jangkauan bisnis konvensional bisa dibilang cukup terbatas karena konsumen harus berbelanja on-the-spot. Bisa jadi beberapa konsumen terkendala soal sarana transportasi. Biasanya konsumen hanya terbatas dalam satu kota saja. Namun, dengan bisnis online rumahan, konsumen hanya memerlukan modal internet dan gadget. Hanya dengan beberapa klik, barang sudah bisa sampai di rumah. Bahkan, hal tersebut masih memungkinkan untuk transaksi antar kota ataupun pulau. Jadi, jangkauan konsumen Anda bisa lebih luas.

Jika bisnis Anda membutuhkan transfer uang ke luar negeri, Anda bisa kunjungi Easylink untuk kirim uang ke luar negeri yang aman, mudah dan cepat.

Seberapa Untung Peluang Bisnis Online Rumahan? (Kaitkan dengan info dari Katadata)

Belanja online sudah populer belakangan tahun ini, tapi puncaknya ada di masa pandemi. Kemudian, hal itu semakin menjadi zona nyaman bagi banyak orang. Bahkan, menurut Katadata, pada tahun 2025 pertumbuhan bisnis online Indonesia akan meningkat sebesar 3,7 kali lipat loh. Hal ini mungkin salah satu pertanda bahwa Anda harus segera memulai bisnis online rumahan mulai sesegera mungkin.

Jenis-jenis Bisnis Online dan Contohnya

Tak hanya menawarkan kemudahan bertransaksi, kemajuan teknologi juga menyediakan variasi jenis bisnis online yang bisa Anda sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan.

1. E-commerce

E-commerce adalah sarana jual beli digital yang menjual produk fisik. Mulai dari penarikan produk dan transaksinya terjadi secara virtual. Kemudian, barang akan dikirim oleh pihak ekspedisi ke alamat tujuan.

E-commerce dan marketplace saat ini menjadi sarana yang paling sering digunakan banyak orang. Contoh e-commerce adalah website official produk, sedangkan marketplace yang paling populer di Indonesia, di antaranya Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

2. Produk digital

Berbeda dengan poin sebelumnya, jenis bisnis online rumahan satu ini fokus dalam menjual produk digital. Produk digital adalah jenis produk yang pembelian sekaligus akses penggunaannya melalui perangkat elektronik. Contoh-contoh produk digital yang mungkin sering Anda temui, seperti online course, software komputer, e-book, dan banyak lagi.

3. Produk afiliasi

Jenis bisnis online yang ketiga ini akan sangat solutif bagi Anda yang ingin memulai bisnis, tapi modal terbatas. Pasalnya, dengan produk afiliasi Anda hanya perlu mempromosikan produk dari pihak ketiga. Bagaimana sistem pembagian keuntungan dari produk afiliasi? Anda akan berhak mendapatkan beberapa persen komisi dari hasil penjualan produk yang Anda bagikan.

4. Freelancing

Selain dapat menjual produk untuk bisnis online rumahan, Anda juga bisa menjual berbagai jenis jasa atau biasa disebut dengan freelancer. Tawarkan keahlian yang Anda punya di platform terkait, seperti Fiverr, Upwork, dan lain-lain. Kemudian, nantinya jasa Anda akan dibeli oleh klien ataupun perusahaan dari berbagai negara. Jenis-jenis jasa yang bisa ditawarkan, meliputi translation, desain grafis, dan banyak lagi.

5. Layanan berbasis media sosial

Namun, pengemudi dengan jarak tempuh yang lebih tinggi kemungkinan menggunakan kendaraannya untuk urusan pekerjaan, misal untuk perjalanan bisnis yang cukup konstan. Oleh sebab itu, risiko kecelakaannya kemungkinan lebih tinggi sehingga ditetapkan tarif asuransi mobil yang lebih tinggi pula.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online 

Saat ini bisnis-bisnis besar maupun yang baru merintis yang sudah mempunyai offline store mulai menerapkan online store untuk memaksimalkan keuntungan. Memangnya, apa saja kelebihan bisnis online tersebut?

  • Modal yang lebih kecil.
  • Biaya operasional rutin yang lebih rendah.
  • Jangkauan pasar yang lebih luas.

Di samping itu, untuk mengantisipasi masalah bisnis online rumahan di kemudian hari, wajib bagi Anda untuk memahami soal kekurangan bisnis online:

  • Persaingan sangat kompetitif.
  • Keamanan transaksi.
  • Skill teknologi harus selalu berkembang.

Dua kelebihan dan kekurangan ini dapat Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis online rumahan. Dengan begitu, prosedur jual beli bisa menjadi lebih efektif.

Jika kamu membutuhkan pengiriman uang ke luar negeri untuk barang-barang impor, kamu bisa gunakan Easylink sebagai platform transfer dana untuk kebutuhan bisnis kamu!.

Kunci bisnis online rumahan yang sukses bukan hanya soal strategi dan kerja keras, tapi Anda juga harus tetap keep up dengan fitur-fitur teknologi bisnis yang banyak digunakan konsumen. Salah satunya adalah dengan fitur pembayaran QR Code. Gopay merchant Anda dapat mempermudah transaksi hanya dengan scan QR Code. Yuk, langsung daftar Gopay merchant untuk kemudahan bisnis Anda!

Open chat
1
ADMIN AKDWEBS
Halo,
Saya Layanan Posting Tamu
Saya Memiliki 600 Situs
Status : Terindeks Semua
DA bagus : 40-60
Kategori Nice yang Berbeda
Umpan Tetes Diizinkan
Saya dapat mempublikasikan secara instan
secepat mungkin

Layanan saya:
1. Saya akan mengerjakan pesanan Anda maksimal 1X24 jam, jika pada saat itu saya sedang online. Saya akan melakukannya maksimal 1 jam dan prosesnya selesai.
2. Jika ada diantara kalian yang orderannya tidak terselesaikan maksimal 1x24 jam, kalian tidak perlu membayarku, alias gratis.
3. Kalau weekend biasanya saya online, kalau weekend kalau saya tidak online berarti saya kerja hari senin.
4. Untuk pembayaran, maksimal dibayarkan satu hari setelah link live dipublikasikan.
5. Pembayaran melalui rekening paypal
Jika Anda tertarik, silakan balas
Terima kasih
Salam,
AKDSEO